27 Sep 2011

KM Marina Nusantara Terbakar, Ratusan Korban Dirawat

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Kapal Motor (KM) Marina Nusantara jurusan Surabaya-Banjarmasin, Senin (26/9) pagi, terbakar di Sungai Barito, Kalimantan Selatan. Tiga penumpang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam insiden itu.

Sebelum terbakar, kapal yang mengangkut 500 penumpang itu bertabrakan dengan kapal tongkang pengangkut batubara. Akibatnya, bagian depan kapal rusak. Sesaat kemudian, kapal terbakar dan membuat penumpang panik.

Sekitar enam jam lamanya, kapal terbakar. Faktor cuaca, kian menghambat pemadaman api di kapal tersebut. Baru sekitar pukul 13.00 WIB, petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api. Setelah itu, tim Search and Rescue (SAR) dan pemadam kebakaran menarik kapal ke tepi Sungai Barito.

Sementara itu, sebagian besar penumpang sempat terjun ke sungai untuk menyelamatkan diri. Mereka akhirnya berhasil diselamatkan sejumlah kapal yang melintas di sekitar sungai. Akibatnya, sejumlah penumpang yang selamat mengalami shock dan trauma. Bahkan, ada penumpang selamat yang histeris dan tidak sadarkan diri.

Sementara, tiga korban tewas dan 103 korban terluka, langsung dilarikan ke Rumah Sakit Soeharsono dan Rumah Sakit Suaka Insan, Banjarmasin.  Sejauh ini, polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan kapal. Polisi juga telah menahan Nahkoda KM Marina Nusantara Suyatman dan Nahkoda Tugboat Bomas Segera, Kristimas Beny.(****)